5 Tips Aman Menggunakan Ponsel Pintar

PONSEL pintar modern seperti iPhone dan Android Google merupakan perangkat yang lebih kompleks daripada komputer desktop. Namun semuanya memiliki risiko keamanan yang sama.

Meskipun tersiar kabar jumlah virus di ponsel pintar meningkat 46% pada tahun 2010, banyak pengguna yang naïf dari ancaman penjahat cyber. Berikut ini ada lima cara sederhana melindungi ponsel pintar:

1.Gunakan PIN atau password

Pastikan ada PIN untuk mengakses home screen pada ponsel. Hal ini membuat kecil kemungkinan setiap orang mengakses data pribadi Anda jika ponsel hilang atau dicuri.

2. Up date sistem operasi

Baik Apple maupun Google selalu melakukan update regular untuk sistem operasi produk ponsel pintarnya, yang meliputi patch untuk kerentanan keamanan yang baru ditemukan. Jadi pastikan ponsel pintar Anda menjalankan versi terbaru.

3. Hati-hati dengan aplikasi

Jika mengunduh aplikasi dari toko-toko resmi aplikasi, terkadang malware bisa lolos pemeriksaan. Jadi pastikan melihat review pengguna lain terlebih dahulu.

4.Matikan Wi-Fi dan Bluetooth

Jika tidak digunakan, matikan fitur komunikasi nirkabel seperti Wi-Fi dan Bluetooth. Bila tidak hacker bisa menggunakannya mengakses jarak jauh data di ponsel pintar Anda. Bila menggunakan Wi-Fi pastikan berada pada jaringan terenkripsi yang membutuhkan password.

5.Backup data

Jika ponsel pintar bermasalah, terkadang satu-satunya cara menghapus virus adalah sepenuhnya menghapus memori. Jadi pastikan membuat backup data secara teratur untuk menjaga kontak, pesan, foto, dan aplikasi pada ponsel Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s